Mengenal 3 Komponen Penting Sistem Komputer

Avatar of Adi
Setup Komputer

Sebuah sistem komputer pastinya memiliki beberapa komponen penyusun di dalamnya. Hal ini disebabkan karena sebuah komputer membutuhkan beberapa alat yang membantu untuk menjalankan sistem sebagai perangkat teknologi. 

Penggunaan komputer atau pc memang sudah tidak jarang lagi di era digital saat ini. Bahkan pada jaman ini rasanya kurang sempurna kalau belum memiliki sebuah komputer ataupun PC.

Hal ini dikarenakan penggunaan alat ini sudah sangat dibutuhkan di era digital pada saat ini. 

Dimulai dari pada waktu pembelajaran sekolah, semua siswa sudah dibiasakan untuk menggunakan komputer.

Lalu bagi para mahasiswa, penggunaan seperangkat alat komputer ataupun PC juga sangat membantu mereka untuk menyelesaikan tugas – tugas kuliah mereka. 

Tak hanya sampai situ saja, penggunaan komputer ini pun tentunya juga membantu para pekerja untuk kegiatan di pekerjaannya.

Dimulai dari pegawai kantoran, pegawai pemerintah dan juga sebagainya. Inilah bentuk sebegitu pentingnya penggunaan komputer di era digital ini. 

Semua orang di era saat ini pun mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan komputer.

Tetapi, apakah semua orang tahu mengenai beberapa sitem penyusun dari komputer ini?

Mungkin tidak semua orang tahu, namun ada beberapa orang yang belum mengerti. 

Jika kamu masih belum tahu tenang saja. Semua akan kami jelaskan pada artikel kita kali ini. 

Mengenal 3 Komponen Penting Sistem Komputer

1. Hardware 

Setup Komputer | Mengenal 3 Komponen Penting Sistem Komputer

Penyusun sistem komputer yang pertama adalah hardware. Hardware adalah sebuah perangkat keras yang memiliki bentuk wujud fisik dan kasat mata serta bisa di raba. Perangkat keras ini juga dibagi lagi menjadi: 

  • Input Device 

Yang pertama adalah sebuah Input Device. Nama lain dari input device adalah perangkat masukan. Fungsi dari perangkat yang satu ini adalah untuk menjalankan sebuah masukan program  pada sebuah komputer. 

Hal ini memungkinkan sebuah komputer memiliki perangkat pendukung yang dapat membuat komputer ini berfungsi dengan baik.

Contoh alat dari Input Device adalah Mouse, keyboard, scanner,  dan juga web Kamera

  • Processing Device 

Lalu yang selanjutnya ada Processing Device atau nama lainnya adalah Perangkat proses. Sesuai namanya, Processing Device merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi sebagai mengolah beberapa data yang masuk dari input device. 

Tanpa sebuah Processing Device, maka komputer tidak dapt menyala dan menjalankan software atau mengolah data lainnya.

Contoh alat dari Processing Device adalah CPU atau Central Processing Unit.

  • Output Device 

Lanjut lagi ke berikutnya, ada sebuah bagian dari hardware yang bernama Output Device. Dikenal juga dengan nama lain perangkat keluaran, fungsi dari device yang satu ini adalah memberikan hasil dari sebuah data yang telah masuk dan mengalami proses pemograman. 

Contoh alat dari Output Device adalah monitor , printer , speaker.

  • Storage Device 

Bagian perangkat hardware yang terakhir adalah storage device atau bisa juga disebut dengan perangkat penyimpanan.

Perangkat yang satu ini memang sangat dibutuhkan oleh komputer. Memiliki fungsi sesuai namanya, perangkat ini memang bertujuan untuk menyimpan sebuah data yang telah dijalankan pada sebuah komputer.

Dan storage device ini dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu penyimpanan internal ( internal storage ) dan juga penyimpanan eksternal ( external storage ). 

Dengan adanya penyimpanan eksternal, maka data yang ada pada komputer kita bisa dipindahkan dan dijalankan di komputer lainnya dengan baik.

Selain itu, penyimpanan eksternal memungkinkan kita bisa menyelamatkan data yang ada pada komputer tersebut dengan menyimpan file back up.

Hal ini penting saat komputer tiba-tiba rusak tanpa sebab yang tidak bisa diprediksi.

Contoh dari Storage Device adalah harddisk , flash disk, DVD , dan juga CD.

Itulah beberapa penjabaran dari pembagian perangkat hardware.

Tentunya alat – alat dari perangkat ini sudah sering kita lihat dan bahkan Sebagian besar sering kita sentuh sehingga kita tidak bingung lagi mengenai contoh – contoh alat dari perangkat yang satu ini. 

2. Software 

Software Komputer Windows | Mengenal 3 Komponen Penting Sistem Komputer

Tak hanya sampai disitu , kali ini kita akan lanjut lagi ke penjelasan berikutnya yaitu mengenai Software.

Sebuah software merupakan komponen dari sistem komputer yang memiliki fungsi untuk menjalankan berbagai perintah program dari sebuah komputer yang masuk melalui perangkat hardware.

Software ini pun dibagi lagi menjadi beberapa bagian,  yaitu : 

  • Software Sistem 

Merupakan sebuah sistem software yang sangat utama dalam sebuah komputer. Fungsi dari software sistem ini adalah untuk mengatur sebuah komponen yang ada di dalam komputer secara keseluruhan.

Software system juga bertugas untuk menentukan tampilan layar. Seperti misalnya jika menggunakan software system Windows, maka tampilannya akan muncul khas Windows. Berbeda dengan MacOS dan Linux.

Contoh dari Software sistem adalah Windows ( XP , 2000 , 7 , dll. ) , MacOs, Linux. 

  • Software Aplikasi 

Selanjutnya ada sebuah software aplikasi, yang merupakan software pelengkap dari sebuah komputer. Software ini memiliki fungsi sebagai menyelesaikan beberapa program data tertentu. 

Bayankan jika kamu memiliki komputer yang bagus tapi tidak memiliki software aplikasi, kamu tidak akan dapat merasakan serunya bermain game, kerja di lembar kerja digital dan juga tidak bisa berselancar di Internet

Contoh dari software aplikasi adalah Microsoft word , Google Chrome , Mozilla Firefox.

  • Software Tambahan 

Untuk yang terakhir ada sebuah software tambahan.  Fungsi dari software tambahan adalah melindungi sebuah hardware dengan adanya pemograman khusus. 

Contoh dari software tambahan adalah Data Recovery , Screensaver , Disk Defragmenter. 

3. Brainware

Brainware Komputer | Mengenal 3 Komponen Penting Sistem Komputer

Untuk yang terakhir ada komponen brainware di dalam komputer. Komponen brainware ini merupakan komponen yang sangat penting dalam menjalankan program komputer.

Apa yang dimaksud dengan Brainware? 

Brainware adalah sebutan untuk orang yang menjalankan dan mengoperasikan sebuah komputer.

Contoh dari brainware sendiri adalah operator , programmer , sistem analis. 

Karena coba bayangkan jika sebuah komputer tidak ada yang mengoperasikannya? Sudah pasti komputer tidak akan berfungsi.

Sebagus dan secanggih apapun sebuah komputer jika tidak ada orang yang menggunakannya, maka kemampuan komputer itu tidak akan berguna.

Selain itu, sebuah komputer juga tidak akan muncul begitu saja. Tetap harus ada yang memprogramnya, merakitnya dan membuatnya menyala. 

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai sebuah sistem komponen yang menjalankan sebuah data program dalam komputer yang kita gunakan sehari – hari. Ternyata sistem komponen dari komputer itu ada tiga,  yaitu hardware , software dan juga brainware. 

Tentunya penggunaan komputer akan kurang lengkap apabila tidak ada salah satu diantara komponen sistem tersebut.

Semua komponen tersebut memiliki fungsi nya masing – masing untuk menjalankan sebuah program.

Tentunya juga berbagai komponen sistem tersebut saling melengkapi fungsi masing – masing sehingga sebuah komputer dapat dijalankan dengan sangat baik.

Artikel Menarik Lainnya
Total
2
Share