Apa Itu USB? Pengertian, Tipe-Tipe dan Kelebihannya

Avatar of Adi
Apa Itu USB? Pengertian, Tipe-Tipe dan Kelebihannya

Laptop maupun komputer di jaman sekarang bisa dikatakan menjadi bentuk yang sempurna. Pasalnya komponen-komponen yang disandingkan juga sangat lengkap dan canggih. Misalnya saja seperti USB. Namun sebenarnya apa itu USB?.

Pada dasarnya USB akan berguna bagi kamu untuk mengambil data dari perangkat lain ke perangkat yang sudah dikehendaki. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang komponen yang satu ini kamu bisa membaca pmebahasan di bawah ini.

Informasi Lengkap Mengenai Apa Itu USB?

Dalam USB ada singkatan yang juga wajib kamu ketahui. Universal Serial Bus merupakan singkatan itu, dimana pengertiannya sendiri adalah media untuk menghubungkan komputer maupun laptop dengan perangkat lain seperti ponsel, scanner, mouse, dan lain-lain.

Teknlogi USB sendiri ternyata sudah ada dan mulai mengalami perkembangan pada pertengahan tahun 1990. Bahkan di fase tersebut fungsinya pun sudah dimaksimalkan yakni menjadi stkamurt dari peralatan elektronik, ponsel, sampai komputer.

Tidak hanya disitu saja karena komponen ini juga dimanfaatkan sebagai media pengisian baterai  handphone serta perangkat elektronik lainnya. Itu menkamukan fungsi dari USB memang sudah melegenda pada masanya dan sampai saat ini pun tetap populer.

Tipe-Tipe Universal Serial Bus (USB) Saat Ini

Semakin berkembangnya jaman USB dibekali dengan teknologi yang mutkahir, sehingga muncullah beberapa jenisnya. Hampir semua jenis dikenali di pasaran, meksipun ada satu sampai dua jenis yang masih asing. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut untuk kamu.

1. Konektor USB tipe B

Apa Itu USB? Pengertian, Tipe-Tipe dan Kelebihannya

Pada pengertian USB ada jenis yang sudah sangat laris di kalangan pengguna. Namanya adalah konektor USB tipe B dengan bentuk seperti bujur sangkar yang umumnya digunakan pada perangkat scanner ataupun printer.

2. Konektor USB tipe C

Apa Itu USB? Pengertian, Tipe-Tipe dan Kelebihannya

Konektor USB tipe C adalah sejenis USB yang dapat dipasangkan secara terbalik atau reversible. Paling banyak digunakan pada laptop, smartphone, dan juga PC. 

3. Konektor USB tipe A

Apa Itu USB? Pengertian, Tipe-Tipe dan Kelebihannya

Jika kamu pernah melihat USB berbentuk persegi panjang dan diletakkan pada komputer maka itu merupakan konektor USB tipe A. Memang penggunaanya lebih maksimal jika disandingkan dengan komputer jadi tidak perlu heran.

4. Konektor micro USB

Apa Itu USB? Pengertian, Tipe-Tipe dan Kelebihannya

Konektor micro USB dapat digunakan pada berbagai jenis smartphone. Namun bentuknya dapat menyerupai Micro USB A maupun B. 

5. Konektor mini USBL

Pada dasarnya konektor mini USBL adalah jenis yang paling banyak ditemui pada perangkat ponsel maupun kamera. Untuk bentukannya sendiri relative lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis-jensi yang lainnya.

Mungkin saat ini kamu sudah bisa membayangkan sendiri bentuk-bentuk dan fungsinya. Akan tetapi sangat tidak lengkap jika kamu melewatkan informasi mengenai cara kerja pada USB. 

Sebenarnya ketika kamu menancapkan flashdisk ke port dari USB cara kerjanya sudah bisa dilihat. Bagaimana tidak kegiatan yang sudah kamu lakukan itu akan menghubungkan host pada data perangkat yang terhubung kemudian mempersiapkan memorinya.

Nantinya host juga akan memilih dan mencari tipe-tipe transafer data yang seperti apa intinya paling sesuai engan perangkat yang sedang tersambung. Pada interrupt diperuntukkan pada data-data yang kecil seperti keyboard.

Sedangkan untuk bul dipergunakan untuk perangkat yang mempunyai kapasitas transfer data lebih besar seperti printer. Satu lagi ada isochronous yang digunakan pada perangkat dengan transfer data melalui dua arah seperti speaker serta webcam.

Inilah Kelebihan Universal Serial Bus (USB)

Disamping itu USB juga menyediakan informasi mengenai kelebihan yang dimilikinya. Jika kamu ingin mengetahuinya, berikut ini akan disampaikan untuk kamu dan simaklah baik-baik.

1. Hemat biaya

USB yang berbentuk kecil tersebut ternyata juga bisa diajak untuk berhemat pengeluaran. Dengan keluasan pemakaian, konektor, jenis komponen, dan kabel diproduksi secara masal membuat biaya yang harus kamu bayar sangat terjangkau.

2. Pemakaian sangat mudah

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa bentuk USB terbilang mini sehingga lebih praktis. Selain itu konfigurasi otomatis yang sangat mendukung single interface pada sjeumlah perangkat juga menjadi alasan untuk hal ini.

Sedangkan pada proses ekspansi atau penambahan dapat dilakukan ketika port USB pada komputer tidak lagi memadai. Meskipun jika diamati dari segi fisik memang tidak terlalu berpengaruh namun fungsi menunjukkan sebaliknya.

3. Mempunyai realibility yang cukup tinggi

Maksud dari pernyataan ini yakini USB dapat digunakan untuk melakukan deteksi terhadap kesalahan pengiriman data. Tak hanya itu saja namun pengguna akan mendapatkan pemberitahuan supaya data-data tersebut dapat terkirim kembali.

4. Kecepatannya tinggi

Kecepatan yang dimiliki oleh USB terbilang sangat tinggi. Yakni dapat melakukan komunikasi data hingga kecepatan itu mencapai 200 Mbit/s.

USB menjadi komponen yang dikendalikan oleh host sehingga memungkinkan untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus meskipun jumlah bus yang dikendalikan oleh host berjumlah satu.

Host disini akan sangat berfungsi sebagai master sedangkan untuk peripheral atu perangkat akan berguna sebagai slave. Host juga akan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan terhadap koneksi, penjadwalan bandwidth, dan transaksi.

Pada sistemnya USB menggunakan topologi berjenjang dengan kisaran pengalamatan 7 bit. Dengan demikian USB dapat mendukung sampai 127 perangkat sekaligus. Sementara itu kabel yang digunakan berjumlah 4.

Dimana 4 kabel tersebut berisikan masing-masing konduktor dan dibungkus oleh isolator. Dari keempatnya tadi ada 2 kabel wire dengan fungsi penghantar sumber daya listrik, sedangkan sisanya digunakan sebagai transmisi data.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa itu USB beserta informasi-informasi penting lainnya. Sebagai perangkat alat elektronik memang tak jarang komponennya juga dibekali dengan teknologi serta sistem yang memadai guna mengoptimalkan fungsinya.

Artikel Menarik Lainnya
Total
3
Share