Apa itu Byte? Pengertian, Perbedaan Byte dan Bit

Avatar of Adi
Apa itu Byte? Pengertian, Perbedaan Byte dan Bit

Sejumlah orang mungkin masih belum mengetahui tentang apa itu byte? Dan perbedaannya dengan bit. Dalam lingkup teknologi kedua istilah ini menjadi kata-kata yang tidak asing lagi. Namun keduanya mempunyai perbedaan yang sangat signifikan sehingga kamu harus tahu.

Dengan begitu ketika kamu dipertemukan terhadap kedua istilah tersebut, tidak lagi bingung dalam menafsirkannya. Pada prinsipnya sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui perbedaannya, namun untuk membantu kamu berikut ini akan dijelaskan secara terperinci.

Pengertian Byte

Mengenal Apa Itu Byte dan Perbedaan Dengan Bit

Sebelum membahas mengenai apa itu byte alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang penjelasan bit. Bit adalah satuan dari unit data yang paling kecil pada komputasi digital dengan dasar satu digit biner bisa berupa angka 0 maupun 1.

Bit mempunyai singkatan dari Binary Digit. Alasan mengapa ada istilah ini dalam dunia teknologi yakni karena semua data yang tersimpan pada komputer atau laptop tidaklah menggunakan angka desimal namun biner.

Hanyalah 2 nilai angka yang berbeda yang akan dinyatakan dalam satuan bit baik itu 0 ataupun angka 1. Disamping komputer ternyata masih ada telekomunikasi digital yang menggunakannya ke semua level tegangan dan diubah menjadi bentuk data biner.

Pada umumnya bit memanglah tidak bisa berdiri sendiri, maknanya barulah akan muncul ketika bit terdiri dari beberapa. Dalam hitungan biner terdapat sejumlah komputer yang digunakan yakni sistem 8, 12, 32, dan 64 bit.

Dengan menggunakan sistem itulah komputer dapat melakukan penerjemahan, membaca, serta mengolah data angka, huruf, gambar, dan lain sebagainya. Kecepatan dari transfer ini biasanya menggunakan bit per detik dan bisa dinamai oleh bps.

Kecepatan bisa digunakan untuk mengukur modem, dengan koneksi mencapai 60 kbps atau 60 kilo bit per second. Selain itu satuan tersebut juga dikenal dengan sebutan Sh yakni merujuk pada pemakaian awal.

Setelah mengetahui pengertian dari istilah bit selanjutnya kamu akan diajak untuk menelusuri pengertian byte. Langsung saja dimulai ulasannya supaya kamu dapat mengambil ilmunya.

Definisi dan Pengertian Byte

Apa itu byte? Byte adalah suatu unit informasi digital yang sangat umum digunakan pada komputasi serta telekomunikasi yang terdiri dari 8  bit. Dengan penjelasan lain byte bisa disamakan dengan 8 buah bit.

Sangat berbeda dengan bit karena byte memakai istilah B. Pada dasarnya byte akan digunakan dalam suatu satuan untuk menyimpan data-data pada sebuah komputer dalam besaran file.

Nantinya semua informasi serta data-data yang diterima akan disimpan pada suatu memori komputer. Dalam satuan byte pun sangatlah beragam, dan hal ini diasumsikan dalam media penyimpanan yakni mulai dari KB, MB, GB, dan TB.

Jika menurut kamu istilah itu sulit disebutkan karena memang menggunakan bahasa asing, di Indonesia sendiri ada sebutan lain yakni bita. Namun dalam telekomunikasi banyak yang lebih menyukai penyebutan dengan nama byte karena memang sudah familiar.

Pada ukuran yang paling besar byte akan disebut sebagai YB atau Yottabyte serta satuan ini mempunyai empat tingkat yang lebih tinggi dari TB. Dari sini sudah bisa kamu bayangkan bahwa betapa besarnya ukuran dari media untuk penyimpanan data tersebut.

Lantas bagaimana dengan perbedaan diantara byte dan bit?. Jawabannya pada byte menggunakan huruf B sebagai pernyataannya namun untuk bit menggunakan huruf b kecil. Dengan begitu kamu bisa menyimpulkan bahwa keduanya sangatlah berbeda.

Disamping itu sebenarnya lambang keduanya juga mempunyai artian sendiri. Dimulai dari B atau Byte dengan huruf besar yang artinya satuannya lebih besar. Sedangkan untuk bit atau b menggunakan huruf kecil yang artinya satuannya lebih kecil.

Umumnya transfer kecepatan atau bandwidth akan dinyatakan dalam bentuk bit sedangkan pada kapasitas untuk penyimpanan dari data-datanya akan dinyatakan sebagai byte. Pentingnya lagi 1 byte merupakan 8 bit sedangkan 1 bit merupakan 1/8 byte.

Cara Membedakan Antara Byte dan Bit

Jika dalam penjelasan yang disebutkan diatas kamu masih belum memahaminya, maka akan diberikan cara paling mudah yang bisa dipraktekkan secara langsung. Bagaimanakah metodenya? Berikut ini akan dijelaskan untuk kamu.

1. Didasarkan pada penulisan simbolnya

Langkah pertama ayang sangat mudah kamu lakukan adalah dengan membedakannya menggunakan simbol. Pasalnya untuk bit sendiri menggunakan huruf b kecil sedangkan untuk byte adalah B besar.

Sedangkan pada satuan bit sendiri paling lumrah digunakan pada kecepatan laju yang ada di bidang telekomunikasi. Ada yang menyebutkan sebagai kecepatan dari transfer data di antara perangkat keras.

Jika kamu melihat pada model OSI atau Open System Interconnection maka pada satuan bit dapat dipakai pada media perangkat keras ataupun layer. Sedangkan untuk telekomunikasi 1 kilobit akan dinyatakan sama dengan 1000 bit.

2. Didasarkan kepada nilai dan perhitungannya

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa tak hanya simbolnya saja yang berbeda namun juga perhitungannya. Dengan begitu kamu pun akan lebih mudah dalam membedakannya.

Untuk 1 byte merupakan 8 bit, ini menkamukan bahwa setiap 1 KB itu tidaklah serupa dengan 1 kb. Sehingga bisa diartikan bahwa perincian di antara bit dan byte itu haruslah dipisahkan dan tidak boleh disamakan.

Pada bidang fungsinya bit akan digunakan pada ukuran transfer speed dengan kapasitas maksimal speed processor dan juga modem. Sedangkan pada byte dipakai pada penyimpanan sekelas memory card, ssd, flashdisk dan lain sebagainya.

Demikianlah tadi penjelasan yang dapat kamu pahami mengenai apa itu byte, dan perbedaannya dengan bit. Setelah mengetahui persoalan ini diharapkan kamu lebih bisa membedakan diantara keduanya.

Artikel Menarik Lainnya
Total
3
Share