Snapdragon merupakan chipset sistem operasi Android yang banyak digunakan oleh berbagai merk smartphone. Keberadaan chipset snapdragon menjadi sangat penting untuk sistem operasi Android. Chipset sendiri memiliki beragam jenis, berikut ini daftar chipset snapdragon yang sering digunakan smartphone. 

Chipset snapdragon berhasil diciptakan oleh Qualcomm, yakni perusahaan komunikasi yang didirikan sejak tahun 1985. Qualcomm sendiri banyak melahirkan berbagai produk teknologi yang sering kamu gunakan. 

Seperti salah satunya ponsel CDMA yang kemudian paten CDMA2000 1X diubah menjadi 4G. Tidak mengherangkan jika akhirnya bisa menciptakan chipset paling terkenal saat ini, Snapdragon. 

Bahkan nama snapdragon sudah memiliki citra yang lebih menjual, reputasinya juga sudah cukup tinggi. Beberapa vendor smartphone menawarkan keunggulannya dengan bangga menyebut Qualcomm Snapdragon. Seperti menjadi poin penting untuk dijadikan sebagai nilai jual. 

Daftar Chipset Snapdragon Terbaru 2021

Sejarah Singkat Daftar Chipset Snapdragon

Penulis akan mengulas sejarah perjalanan snapdragon hingga melahirkan daftar chipset snapdragon yang cukup banyak. 

Cikal bakal kehadiran snapdragon ditkamui dengan lahirnya proses bernama Scorpio pada tahun 2007. Tak lama kemudian Qualcomm tidak berminat untuk melanjutkannya karena lebih fokus pada Snapdragon. Akhirnya tahun 2008 chipset snapdragon digunakan pertama kalinya oleh smartphone Android. 

Tahun 2009, Qualcomm juga mengembangkan peran sebagai perusahaan teknologi dengan memperkenalkan Andreno. Sebuah GPU yang terintegrasi baik dengan chipset snapdragon. Adreno merupakan lini produk grafis dari ATI Radeon, sayangnya tak bertahan lama karena dijual ke Qualcomm. 

Adreno semakin menguatkan lini produk Snapdragon, bahkan menjadi kunci pengembangan performa dari chipset snapdragon. Hampir semua daftar chipset snapdragon memiliki dukungan yang sama untuk memberikan performa terbaiknya.

 Apalagi saat ini orang-orang lebih percaya untuk menggunakan chipset snapdragon dibandingkan yang lainnya. 

Maka berbagai vendor smartphone telah mengkamulkan qualcomm snapdragon sebagai komponen untuk meningkatkan performanya. Xiaomi merupakan vendor ternama yang getol menggunakan chipset snapdragon, disusul oleh Asus, LG, Vivo dan Oppo. 

Chipset snapdragon dibedakan dengan menggunakan angka depan, biasanya angka depan yang tinggi menunjukkan chipset untuk smartphone kelas atas. Begitupun sebaliknya, maka kamu disarankan untuk memilih seri chipset yang terbaru sesuai angkanya. 

Berikut Daftar Chipset Snapdraagon Terbaik

Seri chipset snapdragon ini sebenarnya cukup banyak, dari seri 800 hingga yang paling rendah seri S. pertanyaannya chipset snapdragon yang mana yang memiliki performa terbaik? Untuk menemukan jawabannya maka simak ulasannya di bawah ini. 

Snapdragon 865 dan 865+

Inilah 4 Daftar Chipset Snapdragon Terbaru 2021
mightygadget.co.uk

Jika kamu menginginkan chipset yang kencang, maka snapdragon 865 bisa menjadi pilihan terbaik. Chipset ini dilengkapi oleh delapan core prosessor dan GPU Adreno 650. Smartphone semakin keren dengan chipset ini karena memiliki modem bawaan snapdragon X55 5G yang mendukung koneksi 5G.

Delapan core prosesor yang disebutkan di atas terdiri dari satu core prime kluster Kryo 585 2.84GHz yang bisa memberikan performa lebih kencang. Tiga core yang memiiki kecepatan 2.42GHz untuk performa kencang sebuah Android. Terakhir ada empat core yang memiliki kecepatan 1.8 GHz yang memberikan performa hemat daya. 

Sedangkan untuk snapdragon+ merupakan upgrade dari seri 865, teknologinya hampir serupa. Bedanya ada pada jumlah Clock CPU dan GPU yang bisa ditingkatkan secara signifikan. 

Peningkatannya ada pada kluster Kryo 585 Prime yang berhasil mencapai 3,1GHz, tidak lagi 2,84GHz. Untuk GPU Adreno yang disematkan pada 865+ diklaim memiliki kecepatan 10% lebih tinggi dibandingkan Seri 865.

Snapdragon 855 dan 855+

Inilah 4 Daftar Chipset Snapdragon Terbaru 2021
theverge.com

Prosesor dari chipset ini juga bisa menghasilkan performa yang kencang. Hal itu dikarenakan menggunakan prosesor Kryo 485 dengan pengolah grafis Adreno 640. Untuk menambah performanya agar lebih baik, chipset ini dilengkapi DSP Hexagon 690 dan ISP Spectra 380, sangat kompatibel untuk sensor kamera hingga 48MP. 

Snapdragon 855 juga menjadi salah satu dari daftar chipset snapdragon yang dilengkapi modem jaringan 5G juga. Meskipun fiturnya harus diaktifkan dulu karena tidak otomatis mendunkung 5G. 

Smartphone yang dilenkapi snapdragon 855 merupakan smartphone kelas atas, flagship. Jangan kaget jika harganya pun tergolong mahal seperti Xiaomi Mi9, Oppo Reno dan Lenovo Z5 Pro GT. 

Untuk snapdragon 855+, Clock CPU-nya lebih tinggi untuk Kryo 485 Gold satu core-nya. Masih didukung oleh GPU Adreno 640 namun dengan kecepatan 672 MHz. Snapdragon 855+ banyak digunakan untuk kebutuhan main game, seperti Realme X2 Pro, Black Shark 3 Pro dan ASUS ROG Phone II. 

Snapdragon 845

Inilah 4 Daftar Chipset Snapdragon Terbaru 2021

Chipset ini dibekali oleh prosesor Kryo 385 dan Adreno 330 yang didukung oleh kamera 32MP. Maka ponsel ini juga terbilang kencang, cocok untuk digunakan bermain game. Meskipun jika dibandingkan dengan kedua seri di atas masih lebih rendah. 

Contoh smartphone yang menggunakan snapdragon 845 adalah Pocophone F1 yang cukup murah. Kemudian ada juga smartphone yang lebih mahal seperti Asus Zenfone 5z, OnePlus6 dan Xiaomi Black Shark. 

Snapdragon 768G

Inilah 4 Daftar Chipset Snapdragon Terbaru 2021

Dari berbagai daftar chipset snapdragon, ini merupakan chipset yang menarik karena snapdragon 768G tergolong kencang dan hemat daya. Hal tersebut berkat adanya dukungan teknologi fabrikasi 7 nanometer sebagai peneru snapdragon 765G.

Prosesor yang ditawarkannya memiliki delapan core (octa-core) dengan kecepatan maksimal mencapai 2.8GHz. 

Menariknya, Snapdragon 768G memiliki fitur driver GPU yang bisa diperbarui. Dengan demikian performa dari smartphone yang dilengkapi chipset ini bisa lebih apik. 

Itulah beberapa daftar chipset snapdragon terbaik yang bisa Penulis sampaikan. Mana snapdragon yang membuat kamu tertarik? Pastikan smartphone tersebut menampilkan performa kencang. Semoga Bermanfaat.