Jika berbicara tentang komponen komputer jumlahnya tidaklah satu jenis saja melainkan sangatlah banyak. Diantara sekian banyak jenis power supply menduduki peranan penting yang sangat berpengaruh. Lantas apa itu pengertian power supply?. 

Jika kamu sudah mengetahui berarti pengetahuan tentang dunia elektronik cukup memadai. Namun kalau masih belum, tidak apa-apa karena kali ini akan ada pembahasan yang akan mengungkap secara keseluruhan tentang komponen pada komputer ini.

Pengertian dari Apa Itu Power Supply?

Apa itu power supply? Power supply adalah suatu hardware yang dimiliki oleh perangkat komputer dengan peran sebagai penyuplai daya. Pada umumnya komponen ini biasa menempati bagian casing komputer yang berbentuk kotak atau persegi.

Kinerja dari power supply sendiri akan mengubah sumber listrik menjadi perangkat elektronik. Sehingga dapat diasumsikan bahwa komponen ini membutuhkan daya listrik supaya dapat melakukan kinerjanya dengan baik.

Sementara itu untuk sistem kerjanya ini juga sangatlah sederhana karena dapat mengubah daya 120V dalam bentuk aliran yang berisikan daya dengan kebutuhan yang disesuaikan pada komponen-komponen yang berada di dalam komputer.

Sesuai dengan pengertian yang sudah disampaikan tadi mengenai apa itu power supply fungsi utamanya yakni melakukan perubahan terhadap arus DC menjadi energi ataupun daya. Dengan catatan jumlahnya disesuaikan komponen seperti hardisk, motherboard, CD room.

Jenis – Jenis Power Supply Berdasarkan Rancangannya

Berdasarkan dengan rancangannya power supply bisa dikelompokkan ataupun diklasifikasikan menjadi dua jenis. Adapun seperti :

1. Catu daya eksternal

Adalah power supply yang diciptakan secara terpisah dari komponen motherboard pada perangkat elektroniknya. Sedangkan untuk contohnya sendiri adalah charger handphone dan laptop.

2. Catu daya internal

Catu daya internal adalah power supply yang diciptakan terintegrasi dengan komponen motherboard atau disebut sebagai papan rangkaian induk. Contohnya saja seperti DVD player, amplifier, televisi, dan masih banyak lagi lainnya.

Fungsi Power Supply Pada Perangkat Komputer

Sebenarnya jika kamu mau untuk menelaah lebih lanjut tentang apa itu power supply tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar pasti sudah mengetahui pengertian serta fungsi utamanya. Pasalnya dalam Bahasa Indonesia sendiri artinya adalah sumber daya.

Sehingga sudah sangat jelas bahwa komponen yang sering digunakan untuk peralatan telekomunikasi tersebut menjadi sumber untuk menghantarkan daya ke semua perlengkapan lainnya. Jadi tentu saja tempatnya juga berada di sekitaran chasing.

Sumber daya listrik yang didapatkan dari luar apada umumnya masih mempunyai bentuk seperti AC atau Alternating Current. Namun setelah energi tersebut masuk ke power supply maka akan dikonversi lagi menjadi bentuk lain menyerupai direct current atau DC.

Daya pada DC tersebut yang akan disalurkan pada casing kemputer sehingga semua komponen yang ada di dalamnya dapat melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing. pada bagian salah satu sisi dari power supply mempunyai kipas sebagai pembuang udara.

Namun udaranya bukanla yang dingin akan tetapi yang bersuhu panas supaya tidak menyebabkan hal-hal yang buruk pada perangkat komputer. Selain itu pada komponen ini juga mempunyai port male sejenis IEC yang berguna sebagai koneksi sumber energi listrik.

Jenis – Jenis Power Supply Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya power supply sendiri mempunyai 2 jenis atau ragam yang kegunaannya paling lumrah dipasangkan pada komputer. Tentu saja kedua jenis tersebut juga mempunyai perbedaan yang sangat spesifik diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Power Supply ATX

Power Supply ATX
outletpc.com

Pada power supply terdapat jenis pertama yang disebut sebagai power supply ATX. Pengertiannya adalah sejenis power supply yang mempunyai desain sangat kompleks dengan adanya sumber pasokan dari energi listrik yang sangat efisien.

Power supply yang satu ini bisa dikatakan sebagai pembaruan dari bentuk yang sebelumnya. Disamping fungsinya lebih dioptimalkan dengan adanya bukti penggunaan di komputer atau laptop versi terbaru.

Dimana untuk mengoperasikannya dapat dikontrol dengan software yang sebelumnya sudah diunduh pada komputer. Dengan demikian pemiliknya bisa lebih mudah untuk mengendalikannya seperti mode siaga, tidur, dan mati.

Ciri-ciri pada power supply ATX adalah ketika perangkat seperti komputer maupun laptop di matikan maka power supply akan ikut mati secara sepenuhnya, mempunyai 20 hingga 24 terminal output dan menggunakan daya yang sangat besar.

2. Power Supply AT

Power Supply AT
hackaday.io

Jenis berikutnya adalah power supply AT, yang merupakan model pertama kali digunakan dengan pengaplikasian perangkat komputer pada jaman dahulu. Misalnya saja pada tipe Pentium II dan III di tahun 97. 

Dikarenakan lebih banyak digunakan untuk peralatan telekomunikasi yang masih jadul membuat power supply ini tidak banyak ditemukan pada komputer model sekarang. Itu artinya keberadaanya sudah tidak terlalu banyak di pasaran.

Untuk ciri-cirinya sendiri seperti mempunyai tombol power yang terhubung dengan casing komputer sehingga ketika ingin mematikan harus dilakukan secara manual, dan terdapat 8 sampai 12 terminal output pada motherboard perangkat.

Komponen – Komponen yang Ada di Power Supply

Komponen Power Supply
techspot.com

Mengacu pada pengertian dan jenis dari power supply tadi komponen ini sangat bermanfaat dalam mengubah arus listrik dan menyalurkannya ke bagian-bagian yang lainnya. Namun untuk melancarkan kinerjanya itu membutuhkan beberapa komponen seperti berikut ini.

1. Dioda

Sifat dari komponen diode adalah sebagai penghantar arus tegangan listrik maju serta menghambat arus pada aliran tegangan listrik itu sendiri.

2. Transformator

Komponen yang berguna untuk memindahkan tenaga listrik diantara dua rangkaian daya listrik atau lebih lewat induksi elektromagnetik.

3. Kapasitor

Mempunyai fungsi sebagai penyempurna dari penyerahan tegangan arus AC ke tegangan arus DC.

Selesai sudah ulasan-ulasan mengenai apa itu power supply beserta informasi lain yang akan menjadi bekal tersendiri untuk kamu. Meskipun tidak terlalu maksimal namun kamu tetap bisa merasakan manfaatnya.