Seiring berjalannya waktu, teknologi kian maju. Berbagai pekerjaan sering dibantu oleh komputer. Komputer memiliki banyak kegunaan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, kita mau tidak mau harus belajar komputer.

Pengertian Komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang mampu mengolah informasi maupun data. Kemampunya adalah memproses, menyimpan, dan mengambil data. Contoh sederhananya komputer bisa digunakan untuk membuat dokumen, bermain game, dan masih banyak yang bisa dilakukan oleh komputer.

Komputer memiliki tiga unsur inti yakni Hardware, Software, dan Brainware. Hardware adalah perangkat keras. Software adalah perangkat lunak, dan Brainware adalah manusia sebagai pengguna. Untuk mengetahui apa itu komputer kita akan mempelajari Hardware, Software, dan Brainware.

Hardware 

Hardware atau perangkat keras adalah bagian komputer yang mempunyai bentuk fisik seperti keyboard, monitor, mouse, etc. Setiap bagian komputer atau hardware memiliki gunanya masing-masing seperti yang akan dijelaskan berikut.

Casing 

Casing adalah benda yang berguna untuk melindungi perangkat keras yang ada didalamnya seperti: Motherboard, Hard Disk, Power Supply, dll.

Motherboard

Motherboard adalah tempat dari berbagai komponen yang terhubung dengan bagian komputer yang lain. 

Power Supply

Sesuai dengan namanya, Power Supply adalah komponen komputer yang bertugas untuk memberi daya ke komputer lainnya melalui Motherboard agar komputer dapat menyala.

CPU (Central Prossesing Unit)

Bisa dibilang CPU merupakan otak komputer. CPU atau prosesor memiliki tugas untuk mengkalkulasi setiap perintah yang dijalan komputer. Ketika CPU sedang berkerja, CPU sering mengeluarkan panas. Oleh karena itu, dalam komputer sering ada kipas untuk menjaga suhu dalam komputer agar tetap stabil. Pekerjaan seperti eding video atau pemrograman software yang komplex membutuhkan perangkat CPU dengan kualitas atau performa lebih kuat.

Video Card (VGA)

Video Card atau dikenal juga VGA adalah sebuah komponen yang bertugas untuk memproses gambar dan ditampilkan ke dalam monitor. Video Card sendiri memiliki RAM khusus untuk menjalankan tugas-tugas tersebut. Selain itu, semakin berat pekerjaan dalam memproses gambar atau grafis seperti bermain game berat atau pengeditan video yang cukup insten lebih baik menggunakan Video Card yang kualitasnya lebih tinggi. 

RAM (Random Acces Memory)

RAM merupakan penyimpanan sementara. RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data dan. Contoh sederhananya ketika kamu membuka sebuah aplikasi pembuat dokumen akan ditempatkannya pada RAM. Ketika kamu menutup aplikasi tersebut RAM akan bersih. Oleh karenanya, jika komputer tiba-tiba mati ketika membuat dokumen filenya akan hilang jika kita tidak menyimpanannya terlebih dahulu. Selain itu, semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak aplikasi yang bisa kamu jalankan sekaligus dalam komputermu.

Hard Disk Drive / Solid State Drive

Jika RAM merupakan penyimpanan sementara, Hard Disk Drive merupakan penyimpanan permanen. Selain Hard Disk Drive, ada juga Solid State Drive yang sama kegunanaannya namun kecepatan penulisan data lebih cepat. Dengan HDD atau SSD pengguna bisa menyimpan data seperti Sistem Operasi, gambar, dll.

Perangkat Eksternal

Monitor

Monitor adalah perangkat elektronik yang menampilkan grafis yang berisikan informasi dan data kepada pengguna.

Mouse

Mouse adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengarahkan kursor, memberikan perintah dengan klik kiri dua kali atau klik kanan, menggulirkan suatu halaman, dan masih banyak fungsi yang bisa dikerjakan oleh mouse. Cara kerja mouse modern adalah dengan mendeteksi permukaan datar dengan sinar optik agar kursor bisa bergerak, sedangkan cara kerja mouse versi lama adalah mendeteksi  permukaan datar dengan bola.

Optical Drive(CD/DVDROM)

Meski penggunanya kian menurun, masih banyak mesin yang menggunakan Optical Drive. Optical Drive berfungsi untuk menulis dan membaca data. Umumnya, disk digunakan untuk menginstal software (perangkat lunak) atau menonton film dan mendengarkan musik. Salah satu hal yang menyebabkan kurangnya pengguna Optical Drive khususnya pada laptop atau notebook dikarenakan adanya internet sebagai alternatif untuk mencari film dan musik ataupun software.

Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat yang terdiri dari kumpulan tombol karakter seperti abjad, angka, dan tombol yang dapat memberi perintah khusus. Keyboard berfungsi sebagai media input atau sarana untuk mengetik dan pengoperasian komputer.

Software

Software atau perangkat lunak adalah nyawa dari komputer, dengan perangkat lunak komputer bisa menjalankan perintah. Perangkat lunak berisikan data yang diprogram, diformat , dan disimpan secara digital.

Software umumnya dibagi beberapa kategori. Perangkat lunak aplikasi sering kali diunduh oleh user untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Contoh aplkasi misyalnya: Office Suite, program database, browser web, pengolah kata, alat pengembangan perangkat lunak, editor video atau gambar dan platform komunikasi.

Lalu software memiliki fungsi yang beragam. fungsi dasar software adalah seperti sistem operasi yang menjadi nyawa dari komputer, atau mengatur perangkat keras agar dapat bertugas sebagaimana mestinya dan masih banyak lagi fungsi software.

Jenis Software

  1. Operating System

Operating System (sistem operasi) adalah perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengkoordinasi dan mengelola setiap fungsi dan komponen komputer dan menyediakan layanan umum untuk komputer.

  1. Programming Language

Programing Language adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai kosa kata atau seperangkat aturan tata bahasa untuk memberi instruksi ke komputer. Ada banyak bahasa pemrograman yang sering dipakai seperti: Java, PHP, HTML, dan masih banyak lagi.

  1. Program aplikasi

Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang mandiri yang memiliki fungsi tertentu untuk menjalankan perintah atau tugas dari user. 

Brainware

Secara sederhana, Brainware adalah manusia yang menjalankan komputer. Tanpa adanya Brainware hardware maupun software pada komputer tidak akan berjalan tanpa ada yang memberi perintah padanya.

Cara Kerja Komputer

Cara kerja komputer memiliki 4 tahap

  1. Input

Pada proses input adalah masuknya informasi dari perangkat-perangkat input seperti mouse, keyboard atau mikrofon.

  1. Penyimpanan informasi

Pastinya komputer memiliki ruang penyimpanan seperti hard disk, ssd atau flash disk dsb. Setelah menerima informasi, ini akan disimpan pada hard disk dsb.

  1. Memproses informasi yang terima oleh CPU
  2. Menampilkan imformasi melaului perangkat output seperti monitor, printer, dll.