Hampir semua orang mempunyai smartphone sekarang ini, bahkan gadget menjadi kebutuhan sangat diminati oleh masyarakat. Namun mirisnya dari sekian banyak yang mempunyai HP, hanya sedikit saja yang mengetahui apa itu bootloop, padahal informasi ini sangatlah penting.

Maka dari itu mari kita pelajari apa itu boot, bagaimana penyebabnya, apa saja jenisnya juga cara mengatasi bootloop.

Mengenal Apa Itu Bootloop dan Penyebabnya

Apa itu bootloop? Pertanyaan yang sering diajukan oleh para pemilik smartphone ketika mendengar isitilah ini.

Bootloop sendiri berasal dari dua kata yang digabungkan yakni boot serta loop. Boot artinya menyalakan atau menghidupkan suatu perangkat, sedangkan Loop maknanya mengulang.

Jadi jika digabungkan bootlop merupakan suatu persoalan yang memungkinkan sistem android atau smartphone tidak bisa menjalankan proses awal sehingga pemiliknya tidak dapat masuk ke menu utama. Jadi yang tampil hanyalah logo dari merek handphone yang kamu miliki.

Memang menyebabkan jika hal tersebut terjadi pada kamu, terlebih apabila ada pekerjaan yang mendesak atau file-file penting yang sangat dibutuhkan.

Dari bermacam-macam kasus yang pernah terjadi karena bootlop, sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya. 

Maka dari itu sebagai pemilik kamu wajib tahu tentang apa itu bootloop. Biasanya permasalahan ini berasal dari pihak pengembang atau pembuat, meskipun presentase yang paling banyak adalah dari pemiliknya masing-masing yang salah atau mengalami  kegagalan ketika memasang custom ROM.

Kesalahan lain yang sangat gencar dilakukan oleh pengguna adalah kecerobohan ketika mengelola file sistem dari perangkatnya ketika berhasil memperoleh akses dari root. Adapun contohnya ialah kamu salah mengatur izin peraksesan, menghapus file, dan lain sebagainya.

Ada lagi permasalahan di apa itu bootloop yakni kerusakan salah satu alat atau komponen yang dimiliki oleh perangkat itu sendiri.

Oleh karenanya kamu jangan ceroboh ketika menggunakan ponsel supaya kejadian-kejadian serupa tidak dialami dan itu cukup merugikan.

Jenis – Jenis Bootloop yang Perlu Diketahui

Factory Reset karena Bootloop
caraqu.com

Setelah mengetahui tentang apa itu bootloop, dan penyebab terjadinya berikut akan disajikan penjelasan terkait jenis-jenis bootlop dan cara mengatasinya. Simak sampai habis agar kamu dapat mengenali kerusakannya beserta solusi perbaikannya.

1. Bootloop Parah (Hard)

Bootloop parah atau hard merupakan tingkat permasalahan pada bootloop tertinggi. Kerusakannya bisa dikatakan sangat fatal ataupun parah pada sistem software smartphone.

Disebabkan perangkat terjadi kerusakan tepat pada file-file pentingnya sehingga proses booting tidak terjadi sempurna.

Jika hal ini terjadi And apun membutuhkan ahli yang benar-benar meengerti tentang bootloop smartphone.

Pasalnya level kerusakan ini sudah sangat besar, jadi cukup sulit untuk memperbaikinya. Bahkan apabila tingkatnya sudah sangat berat, smartphone kamu tidak akan bisa menyala lagi.

2. Bootlop Sedang (Medium)

Untuk tingkatan kedua pada apa itu bootloop tidaklah separah yang tadi.

Namanya bootlop medium. Faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan ialah mungkin kamu telah melakukan perubahan kecil terhadap sistem software yang dimiliki android.

Contohnya saja kesalahan yang kamu lakukan ketika menjalankan proses root. Dengan begitu sistem yang ada pada perangkat akan mengalami kerusakan, sehingga membuat ponsel bootloop. Untuk masalah ini masih bisa diperbaiki.

3. Bootloop Ringan (Light)

Bootloop light sering juga disebut bootloop ringan. Permasalahannya bisa disebabkan karena kamu tidak sengaja telah membongkar pasang file tanpa lewat perantara recovery mode. Sehingga hal itu menyebabkan android kamu mengalami bootloop ringan.

Cara Memperbaiki Bootloop Sesuai Jenisnya

Android Recovery
berakal.com

Dari masing-masing kerusakan yang disebutkan tadi, untuk memperbaikinya juga dibutuhkan perlakukan yang tidak sama. Pasalnya jika sampai salah menyentuh atau mengubah sistem dari perangkat maka yang ada bukannya kembali normal malah hancur total. Berikut ini penjelasan secara terperinci.

1. Cara Memperbaiki Bootloop Parah atau Hard

Seperti yang dijelaskan pada jenis permasalahan di apa itu bootloop  maka untuk memperbaiki tingkatan hard atau parah juga membutuhkan tenaga dan waktu yang belebih.

Terlebih jika kerusakan sistemnya sudah sangat fatal atau ponsel mati total.

Suka atau tidak suka kamu haruslah melakukan pilihan terakhir yakni melakukan isntal ulang terhadap sistem yang dimiliki android.

Namun jika handphone kamu masih bisa menyala, cukup lakukan cara factory reset untuk memperbaikinya. 

2. Cara Memperbaiki Bootloop Sedang atau Medium

Bootloop sedang tidak terlalu memberikan dampak yang serius terhadap android. Oleh karenanya proses perbaikannya pun dapat dilakukan dengan cara yang tergolong mudah dan tidak perlu menguras pikiran. 

Silahkan kamu masuk ke menu sistem recovery mode android. Tujuannya ialah melakukan factory reset supaya handphone bisa masuk ke menu utamanya dan kamu dapat memakainya lagi dengan normal.

3. Cara Memperbaiki Bootloop Ringan atau Light

Bootloop light menduduki peringkat paling awal, karena kerusakannya tidak parah atau tergolong ringan.

Dikarenakan kerusakannya itu tidak parah, untuk memperbaikinya pun bisa kamu lakukan dengan cara-cara yang sederhana dan biasa. Jadi tidak perlu keahlian khusus seperti yang diatasnya.

Untuk bisa menormalkan kembali handphone kamu silahkan matikan ponsel dan cabutlah baterainya. Tunggulah sampai 15 menit lamanya, jadi biarkan saja baterai terlepas. Setelah itu pasang kembali baterai ke tempat semula, dan nyalakan kembali.

Namun, Jika HP kamu baterainya tidak bisa dicopot silahkan lakukan factory reset saja.

Jika masih tidak ada reaksi apapun mungkin saja kerusakan handphone tergolong medium, jadi kamu dapat mencoba cara kedua.

Namun apabila kamu masih belum menemukan titik terang setelah mengunakan cara-cara yang disebutkan, bawalah ke tukang service supaya dapat penanganan.


Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa itu bootloop, jenis-jenis kerusakaan bootloop dan cara mengatasinya.

Perlu kamu tahu bahwa kerusakan yang disebabkan karena kecerobohan pemilik itu akan sangat beresiko besar untuk mendatangkan bootloop. Maka dari itu sebaiknya jangan mengubah sembarangan.